Sabtu, 06 Oktober 2018

Kehebatan Islam Nusantara

 


Banyak kalangan yang tertarik dengan Islam Nusantara. Tidak semata kalangan di Tanah Air, juga sejumlah pihak dari manca Negara ingin mengetahui lebih detil keberadaannya. 

Hal tersebut disampaikan KH Ahmad Nadhif Abdul Mujib (Gus Nadhif) pada diskusi Islam Nusantara untuk Peradaban Dunia yang diselenggarakan Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Dukuhseti, Pati, Jawa Tengah. 

Dalam pandangan Gus Nadhif, Islam Nusantara sudah masuk perbincangan dunia. “Jadi sudah go internasional,” katanya  pada acara yang terlaksana atas kerja sama dengan Pesantren Al-Hidayah Bakalan, Dukuhseti, Senin (2/7).

Di Jerman pernah diselenggarakan diskusi tentang Islam Nusantara yang dihadiri ratusan tokoh ulama dan pakar dunia dari berbagai Negara. Sayangnya kegiatan tersebut tidak banyak diliput media.

Saat dirinya bersama KHYahya Staquf menghadiri undangan organisasi perdamaian di Israel terkuak bahwa mereka sendiri merasa resah dan terancam oleh serangan luar. “Jadi sebenarnya mereka dan orang Palestina serta penduduk dunia sangat butuh kedamaian hidup. Maka sangat diperlukan solusi metode perdamaian dunia dengan konsep rahmah,” paparnya.

Menurutnya, agama jangan dijadikan modal, mesiu, bahan untuk berkonflik. “Kita semua mendambakan peradaban agung. Yakni peradaban yang dipraktikkan Rasulullah,” katanya. Maka Islam Nusantara diyakini sebagai metode untuk menyelesaikan konflik dunia dan mewujudkan perdamaian serta peradaban dunia, lanjutnya.

Dalam pandangannya, Islam Nusantara menggabungkan dalil agama dengan realitas masyarakat sesuai konteks. “Ini fakta yang sudah dijalankan sesuai dakwah dan syiar Islam Walisongo yang sangat sukses di Nusantara dan menjadi rujukan bagi dunia internasional,” kata dia.

Seperti yang terjadi di Afganistan ternyata mengadopsi nilai Islam Nusantara khas NU dengan mengedepankan tasamuh,tawasuth, dan sebagainya. “Dan Afganistan mengadopsi Pancasila yang tentunya sudah sesuai dengan nilai Islam Nusantara,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Imam Muhlis Ali selaku Sekretaris PAC GP Ansor Margoyoso Pati mengatakan tema Islam.Nusantara produk dari NU menarik perhatian dunia internasional.

Ngopi atau ngolah pikir dan dialog bareng Gus Nadhif dipandu KH Umar Faruq selaku Pengasuh Pesantren Al-Hidayah Bakalan Dukuhseti.

nu.or.id

Tidak ada komentar:
Write komentar